(Sumber: Canva)

Kamu sedang bimbang dan bingung menentukan inovasi bisnis apalagi yang akan kamu ciptakan? Terlebih di masa-masa pandemi seperti ini, banyak sekali pertanyaan di pikiranmu seperti, apa yang akan terjadi setelah masa ini berakhir? Apakah bisnis kamu masih bisa dilanjutkan? atau harus dirombak ulang? bahkan harus ditutup karena kerugian yang kamu landa selama pandemi ini. Sejujurnya, tidak ada yang mengetahui secara pasti jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, tetapi yang paling penting kamu harus terus bergerak. Bergerak dalam bentuk inovasi-inovasi baru, yang mungkin dapat menjadi turning point dalam kehidupan kamu.

Kali ini, kamu akan diperkenalkan dengan inovasi bisnis study cafe yang sangat terkenal di salah satu negara favorit sebagian besar masyarakat Indonesia (terlebih yang menikmati budaya musik dan film negara tersebut) yaitu, Korea Selatan. Ya, benar, bisnis study cafe menggabungkan dua unsur yang sangat berbeda. Pertama study atau belajar, juga cafe yang identik dengan tempat di mana kopi, teh, dan makanan ringan diperjual-belikan. Dari sini, kamu bisa menentukan target pasar yaitu orang-orang yang ingin belajar, atau sekedar mengerjakan tugas maupun pekerjaannya. Kolaborasi antara kedua unsur tersebut sebenarnya unik, karena biasanya jika seseorang ingin belajar, tempat yang paling umum untuk didatangi adalah perpustakaan, kamar tidur pribadi, atau restoran dan cafe tanpa embel-embel ‘study.’

Di Indonesia sendiri, masih sedikit restoran maupun cafe yang secara langsung melabelkan diri mereka sebagai ‘study cafe.’ Beberapa restoran maupun cafe di Indonesia, secara spesifik di Kota Jakarta memang sudah ada yang mengusung tema perpustakaan maupun tempat membaca yang cocok menjadi tempat belajar bagi pelanggannya. Walaupun begitu, keramaian dan kebisingan dalam tempat-tempat tersebut terkadang tidak terhindari, dan hal ini tentu akan merugikan pelanggan mereka yang memang datang untuk fokus belajar dan mencari ketenangan. Di sini, kamu bisa memasukkan inovasi study cafe sambil mempelajari kekurangan-kekurangan dari beberapa bisnis yang ada di sekitarmu, dan memasukkannya menjadi kelebihan (calon) study cafe kamu di masa depan.

Dalam menjalankan sebuah study cafe, kamu mungkin dapat menciptakan beberapa peraturan yang harus dipatuhi oleh pelanggan-pelanggan cafe kamu nantinya untuk menjaga ketertiban. Kamu dapat mendapatkan ide peraturan dari beberapa study cafe yang ada di Korea Selatan. Dilansir dari soco.id, setiap study cafe di Korea Selatan memiliki beberapa peraturan seperti:

  1. Harus sangat berhati-hati dalam menimbulkan suara, seperti saat memindahkan kursi, mengkonsumsi makanan maupun minuman ringan, mengetik di laptop/komputer, bahkan dengan suara clicker pen yang sedang digunakan.
  2. Customer juga diwajibkan untuk membersihkan meja yang telah digunakannya sendiri, sehingga kebersihan cafe terjamin.

Nah, sebenarnya ada baiknya kamu mengembangkan peraturan-peraturan tersebut, karena tentunya terdapat perbedaan yang signifikan dalam kebiasaan yang dimiliki masyarakat Indonesia dengan masyarakat di Korea Selatan. Bahkan, kebiasaan masyarakat di lingkungan kamu dengan lingkungan orang lain belum tentu sama, bukan? Jadi, sebisa mungkin gunakan wawasanmu atau orang lokal di daerah yang akan menjadi daerah study cafe-mu, untuk membuat peraturan yang sesuai dengan kultur masyarakat sekitar.

Selain peraturan, kamu sebaiknya juga memikirkan fasilitas dan konsep apa yang ingin diusung sebagai ciri khas study cafe kamu. Secara umum study cafe di Korea Selatan memiliki konsep-konsep unik yang juga terlihat dari dekorasi tempat mereka. Beberapa diantara mereka mengusung tema perpustakaan dari berbagai negara, yang tentunya memiliki ciri khas yang berbeda-berbeda. Dekorasi tersebut juga membuat para pelanggannya nyaman untuk beraktivitas di tempat tersebut, dan tidak segan untuk kembali lagi di lain waktu. Study cafe seharusnya membuat para pelanggannya dapat belajar dengan fokus, tetapi tidak terlalu tertekan dengan lingkungan sekitarnya.

Oleh sebab itu, kamu juga dapat melihat study cafe dijadikan tempat shooting beberapa drama Korea (drakor). Beberapa adegan dalam drakor tidak jarang menunjukkan study cafe sebagai tempat berdiskusi dan belajar karakter drakor tersebut bersama teman-temannya, sampai menjadi tempat untuk menenangkan dan memfokuskan diri karakter lainnya untuk mengerjakan suatu pekerjaan. Hal ini juga bisa kamu jadikan bahan branding nantinya, loh! Bahwa study cafe yang biasanya ada di drakor-drakor, ternyata sekarang ada di lingkungan Indonesia juga. Melihat betapa besarnya jumlah peminat drakor di Indonesia, tentunya akan menambahkan banyak peminat baru untuk study cafe-mu. Sebagai referensi, kamu bisa melihat beberapa bentuk study cafe di Korea Selatan dari gambar-gambar di bawah ini!

(Sumber: Koreandramaland.com)

(Sumber: pheurontay.com)

(Sumber: luckystudycafe.com)

Setelah melihat bentuk-bentuk study cafe di Korea Selatan, apakah kamu sudah mulai bisa membayangkan bagaimana study cafe yang kamu inginkan? Ingat, jangan terburu-buru dan pastikan implementasi dari inovasi bisnismu matang, ya. Semoga artikel ini bermanfaat dan ayo mulai bergerak membuat inovasi-inovasi bisnis baru di Indonesia!

Penulis: Samantha Yohana Blessya

Sumber: soco.id

Kategori: K! Update

kategori-latihid: inovasi bisnis