Kpopers

Kpopers | Sumber foto: diadona.id

Kamu penggemar BTS, EXO, Blackpink, Super Junior, SNSD, atau grup idol lainnya? Sering dan suka mendengarkan lagu-lagu idol Korea? Fix kamu Kpopers banget!

Kpopers atau fans K-pop (Korean Pop) adalah sebutan untuk orang-orang yang gemar akan hal-hal yang berkaitan dengan negeri asal Gingseng tersebut, mulai dari musik, K-drama (Korean drama), hingga K-food (Korean food). Namun, tak sedikit Kpopers yang sering dipandang sebelah mata oleh orang-orang yang non-Kpopers. Beberapa orang menganggap bahwa kegiatan, seperti menghabiskan waktu untuk mendukung para idol dan menonton K-drama (Korean drama) sebagai kegiatan yang tidak berfaedah bahkan ada pula yang menganggap mereka tidak mencintai Negara sendiri. Hmm… nyatanya tidak seperti itu.

Ada hal-hal positif yang bisa didapatkan dari menjadi seorang Kpopers, lho Friends. Salah satunya adalah membuka bisnis online pernak-pernik yang berkaitan dengan K-pop. Hasil atau keuntungan yang didapat juga lumayan, lho, seperti Orchidia Desinta atau yang akrab disapa dengan nama Cindy yang sukses membangun usahanya berkat kecintaan terhadap K-pop.

Orchidia Desinta

Orchidia Desinta | Sumber foto: Instagram (@cindynoona)

Wanita yang awalnya berprofesi sebagai bidan ini, akhirnya memutuskan resign dari pekerjaannya dan membuka jasa tur sekaligus nonton konser boyband yang sedang digemari kaum millenials.

Dari jasa tur inilah, Cindy mendapatkan penghasilan bahkan lebih besar dibandingkan pekerjaan sebelumnya. Selain membuka jasa tur, Cindy juga memiliki bisnis online shop yang menjual album dan berbagai merchandise K-Pop.

Gimana Friends? Kamu tertarik untuk mengikuti jejak Cindy mengubah hobi menjadi peluang usaha khususnya di dunia per-Kpop-an? Nah, ini 5 bisnis online yang bisa kamu geluti sebagai Kpopers.

1. Jadi Admin Fan Account Idol Tertentu

K-pop fan account

K-pop fan account | Sumber foto: kpopmap.com

Usaha satu ini bisa dikatakan sambil menyelam minum air, di mana selain kamu mendapatkan informasi tentang grup idol favoritmu, kamu juga bisa mendapat tawaran endorsing dan paid promote apabila followers akun media sosialmu sudah banyak.

Kelihatannya gampang, ya, tapi kamu harus ingat dalam mengelola akun media sosial dibutuhkan kesabaran dan tidak boleh sembarangan dalam memberikan informasi kepada followers. Pastikan berita atau informasi yang kamu berikan sudah terbukti keasliannya dan bukan hoax, ya, karena menyebarkan hoax bisa fatal akibatnya. Selain ditinggalkan followers, akun media sosialmu juga bisa dilaporkan ke pihak yang berwajib. Jadi, lakukan double check dulu sebelum menyebarkan informasi.

2. Open Jastip (Jasa Titip) Barang-Barang Korea

Barang-barang Korea

Barang-barang Korea | Sumber foto: visitkorea.or.id

Hal-hal yang berbau Korea memang selalu menarik untuk diikuti. Tak heran kalau banyak orang yang mencari barang-barang yang berkaitan dengan Korea, seperti make up, aksesoris, dan fashion, apalagi kalau barang tersebut sering dipakai para Idol Korea. Wah, jadi pengen kembaran, kan? Ini bisa jadi peluang bisnis kamu juga, nih, dengan membuka jasa titip barang-barang Korea.

Di zaman serba canggih ini, kamu tidak perlu jauh-jauh datang ke Korea hanya untuk membeli barang-barang titipan pelanggan. Cukup kunjungi website resmi toko/brand yang diingin pembeli saja. Kemudian pilih barang yang ingin mereka beli. Tenang saja, barangnya tetap terjamin keasliannya karena beli langsung dari website mereka. Pelangganmu juga tidak perlu menunggu lama barangnya sampai maupun kehabisan stok barang.

Agar bisnismu semakin sukses, kamu harus selalu update dengan trend fashion, make up, atau aksesoris yang lagi happening di Korea dan pastinya diminati oleh Kpopers Indonesia.

3. Jual Pernak-Pernik serba Kpop

Lightstick K-pop

Lightstick K-pop | Sumber foto: idntimes.com

Punya skill di bidang desain? Kamu harus banget cobain bisnis ini sebab tak sedikit Kpopers yang tertarik membeli pernak-pernik lucu dan imut serba Kpop ini, apalagi kalau ada idol favoritnya. Adapun pernak-pernik Kpop yang paling banyak dibeli adalah lightstick, photocard, kalender, notebook, case handphone, tas, topi, kaos, dan masih banyak lagi. Untuk promosi, kamu bisa bekerja sama dengan fan account dan mengadakan give away.

4. Menjadi Translator Program Televisi Korea

Kdrama

Kdrama | Sumber foto: harpersbazaar.co.id

Kamu jago bahasa Inggris dan Korea? Kenapa tidak coba menjadi freelance translator untuk website-website besar yang berisi drama dan program televisi Korea lainnya saja? Lumayan, lho apalagi peminatnya juga banyak.

Dilansir dari Cermati, untuk bayarannya sendiri, biasanya dibayar per project. Project disini artinya 1 episode untuk 1 program acara. Jadi, semakin banyak project yang kamu kerjakan, maka semakin mahal juga bayaranmu. Agar kegiatan menerjemahkan ini menyenangkan, pilihlah program acara yang kamu suka.

5. Jual Frozen Food dan Snack Khas Korea

https://nymag.com/strategist/article/best-korean-snacks-candy-korean-chefs.html

Korean snack | Sumber foto: nymag.com

Siapa yang suka penasaran dengan makanan Korea setelah nonton drama Korea?

Hmm… sepertinya cukup banyak, ya. Tak heran, untuk memuaskan rasa penasaran tersebut, para penggemar drama Korea rela mencari toko yang menjual makanan Korea di Indonesia. Tokomu kah salah satunya?

Dari semua bisnis ala Korea, bisnis yang satu ini banyak dilakukan oleh para Kpopers sebab mudah dan peminatnya pun banyak. Frozen food dan snack khas Korea yang bisa kamu jual seperti, tteok atau kue beras tteokbokki, eomuk atau fish cake, kimchi, mandu, gochujang (saus pedas khas Korea), ramyeon (mie instan Korea), jajangmyeon (black noodles khas Korea), dan berbagai makanan dan minuman lainnya yang cocok dengan lidah orang Indonesia.

Penulis: Aqida Widya Kusmutiarani

Kategori: Inovasi Bisnis

Editor: Samantha Yohana Blessya


LatihID adalah platform pelatihan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) berbasis online yang menyediakan program-program berkualitas untuk mengembangkan kualitas UMKM Indonesia.

Kategori: Inovasi Bisnis