Buka usaha di desa

Buka usaha di desa | Sumber foto: seruni.id

Kerja di perkotaan bisa dikatakan tidak seindah seperti yang ditayangkan oleh sinetron ataupun FTV (Film Televisi). Hampir setiap hari kamu harus bergulat dengan kemacetan, polusi udara, suara kendaraan yang berisik, hingga gaya hidup yang mungkin tidak cocok dengan standar hidupmu. Lelah secara fisik maupun mental pasti kamu rasakan sampai muncul keinginan untuk pulang ke desa. Tapi, kalau pulang ke desa, apa yang harus dikerjakan? Apa bisa buka usaha di desa? Bisa dong!

Membuka usaha atau menjalankan bisnis di desa tidak sesulit dulu lagi berkat kemajuan teknologi dan digital. Target konsumen yang bisa kamu jangkau juga tidak hanya orang-orang disekitar tempat kamu tinggal saja, tapi bisa daerah lain bahkan seluruh Indonesia asalkan kamu memanfaatkan penggunaan teknologi dan digital dengan maksimal. Apa saja usaha atau bisnis yang bisa dijalankan meskipun tinggal di pedesaan? Berikut ide usahanya!

1. Supplier Sayuran dan Buah-buahan

Panen buah dan sayur

Panen buah dan sayur | Sumber foto: dekoruma.com

Punya perkebunan sayur atau buah-buahan di desa? Atau desa tempat kamu tinggal terkenal sebagai penghasil sayur dan buah-buahan? Kenapa tidak menjadi supplier sayuran dan buah-buahan saja?

Dengan hanya bermodalkan smartphone dan kuota internet, kamu bisa mempromosikan serta menjual hasil panen ke daerah lain kapanpun dan di manapun lewat media sosial atau website sendiri. Kalau mau yang lebih mudah, kamu bisa memanfaatkan marketplace pertanian seperti TaniHub, Sayurbox, Agromaret, dan lainnya.

Dengan menjalankan bisnis ini, kamu tidak hanya mendapatkan keuntungan saja, tapi tanpa disadari ternyata kamu juga memberikan kemudahan kepada para petani dalam menjual hasil panen mereka. Petani jadi tidak perlu pusing lagi kemana mereka harus menjual hasil panennya.

Selain itu, kamu bisa memberikan edukasi kepada para petani, misalnya informasi harga jual sayur dan buah-buahan di perkotaan sehingga petani bisa menentukan berapa harga jual yang tepat.

2. Youtuber Bertema Kehidupan Pedesaan

Youtuber China

Youtuber China | Sumber foto: wallpapercave.com

Beberapa orang pasti sudah tidak asing lagi dengan channel Youtube seperti Liziqi dan Dianxi Xiaoge yang berasal dari China, atau Kimi Life dan Nayong yang berasal dari Korea Selatan. Mereka adalah youtuber yang sering membuat video tentang kehidupan di pedesaan, mulai dari bercocok tanam, memanen hasil pertanian, hingga membuat masakan dari hasil panen tersebut.

Penghasilan para youtuber tersebut dapat terbilang cukup besar dengan jumlah subscriber yang sudah lebih dari 1.000 orang. Nah, kamu bisa mengikuti jejak mereka dengan membuat video tentang kehidupan pedesaan di Indonesia.

Meskipun tidak mudah untuk menjadi youtuber, butuh kesabaran, waktu, tenaga, serta biaya. Namun, jika kamu konsisten dalam membuat konten, tidak menutup kemungkinan kamu juga akan menjadi youtuber terkenal seperti Liziqi, dan yang lainnya. Bahkan tidak hanya terkenal di Indonesia tapi dikenal oleh seluruh dunia karena orang-orang yang menikmati video di youtube berasal dari berbagai negara.

3. Fotographer

Usaha fotografi di desa

Usaha fotografi di desa | Sumber foto: cariuangtambahan.com

Suasana pedesaan yang indah memang pas untuk diabadikan. Buat kamu yang punya kemampuan di bidang fotografi, jangan biarkan foto hasil jepretan mu menumpuk di memori. Kamu bisa menjualnya di situs seperti Shutterstock, iStockphoto, Adobe stock, dan lain-lain. Untuk bayaran atau royaltinya sendiri tergantung dari seberapa banyak foto yang di download. Artinya semakin banyak fotomu di download orang, maka bayaran atau royalti yang akan kamu dapatkan juga akan semakin banyak. Lumayan, kan!

4. Membuka Toko Serba Ada

Usaha toserba di desa

Usaha toserba di desa | Sumber foto: berdesa.com

Lokasi pedesaan yang biasanya terletak di pinggir kota terkadang membuat sulit orang-orang yang tinggal di desa untuk memperoleh barang dan kebutuhan pokok dalam satu tempat sehingga mau tidak mau mereka harus pergi ke kota untuk berbelanja. Kamu punya modal lebih? Manfaatkan peluang usaha ini dengan membuka toko serba ada.

Kamu bisa menyediakan mulai dari kebutuhan pokok seperti beras, gula, garam, minyak, telur, gas, jajanan (ice cream, minuman dingin, makanan ringan) hingga perlengkapan rumah tangga. Semakin lengkap barang yang kamu jual, semakin banyak pula konsumen yang datang. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan kerapihan susunan barang di tokomu agar konsumen nyaman ketika berbelanja.

Itulah ide usaha yang bisa kamu lakukan apabila memutuskan untuk menetap di desa. Pikirkan secara matang dulu, ya, sebelum memutuskan untuk resign dari pekerjaan di kota dan memutuskan membuka usaha di desa. Good luck!

Penulis: Aqida Widya Kusmutiarani

Kategori: Inovasi Bisnis

Editor: Samantha Yohana Blessya


LatihID adalah platform pelatihan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) berbasis online yang menyediakan program-program berkualitas untuk mengembangkan kualitas UMKM Indonesia.

Kategori: Inovasi Bisnis